School Info
Monday, 11 May 0826
  • Selamat Datang di Web Official SMAS Karya Pembangunan Paron
  • Selamat Datang di Web Official SMAS Karya Pembangunan Paron
23 November 2019

INDAHNYA SOLIDARITAS DALAM KEHIDUPAN

Sat, 23 November 2019 Read 415x

Hay sahabat gembira, tentunya kata solidaritas tak asing lagi dipendengaran kita ya. Tau gak sih solidaritas sebenarnya itu yang bagaimana? Next, langsung aja penjelasannya

Solidaritas merupakan suatu sikap yang dimiliki oleh manusia dalam kaitannya dengan ungkapan perasaan manusia atau rasa senasib dan sepenanggungan terhadap orang lain maupun kelompok. Untuk makna solidaritas dekat sekali dengan makna rasa simpati dan empati karena hal ini didasarkan atas rasa kepedulian terhadap orang lain maupun kelompok juga. Nah,, untuk masalah pembedannya, rasa solidaritas ini tumbuh didalam diri manusia karena adanya rasa kebersamaan dalam kurun waktu tertentu. Jika rasa ini tumbuh dan mengakar kuat pada diri manusia untuk kelangsungan hubungan nya dengan orang lain kelompok dapat menjadikan rasa persatuan yang dimiliki menjadi lebih kuat dan mantab.

Selanjutnya nih guys, Apa sih Arti solidaritas menurut kamus besar bahasa indonesia (KBBI)? berikut penjelasannya:

Pengertian solidaritas itu sendiri adalah suatu sifat yang dimiliki manusia secara solider atau suatu perasaan setia kawan terhadap orang lain maupun kelompok tadi. Indahnya rasa setia kawan yang dimilikin oleh seseorang terhadap orangb lain dapat membuat seseorang tersebut rela berkorban demi orang lain tanpa adanya suatu paksaan didalam dirinya wow,,…. Syahduu!!

Next, berikut beberapa ungkapan yang sering dikenal dalam pengertian solidaritas yang kita jumpai:

  1. Pengorbanan yang dilakukan orang tersebut timbul berdasarkan rasa ikhlas yang merupakan ungkapan balas budi terhadap perlakuan yang pernah diberikan oleh orang lain kepada seseorang tersebut
  2. Ungkapan rasa setia kawan sebagai bentuk dari seringnya kita menghabiskan waktu bersama teman bahkan sahabat serasa dunia milik kita aja… he..he..he!! sebab seringnya melakukan aktivitas secara bersama maka dari situlah muncul suatu rasa solidaritas

Adapaun contoh penerapan rasa solidaritas dalam kehidupan sehari-hari yaitu sebagai berikut:

  1. Gotong Royong

Gotong Royong merupakan contoh paling umum penerapan rasa solidaritas dalam kehidupan sehari-hari. penerapan dalam hal ini didasarkan pada persamaan tujuan untuk mencapai sesuatu dalam kehidupan sehari-hari.

Gotong Royong dilakukan sebagai bentuk usaha  dan upaya menyatukan berbagai perbedaan untuk memperkuat kesatuan dan persatuan  masyarakat yang nantinya  membawa dampak positif. Nah, untuk selanjutnya beberapa tindakan yang mencerminkan rasa solidaritas melalui gotong royong yaitu sebagai berikut:

  • Kerja bakti lingkungan
  • Kerja kelompok dalam mengerjakan tugas sekolah
  • Keikutsertaan dalam acara-acar kedaerahan dilingkungan tempat tinggal.
  • Dukungan terhadap orang lain maupun kelompok

2) Dukungan yang dilakukan oleh seseorang terhadap orang lain maupun kelompok cenderung suatu dukungan terhadap persamaan hak yang dimiliki. Ketika orang lain yang telah berjasa bagi seseorang tersebut tidak mendapatkan persamaan hak baik dalam perlakuan maupun lainnya, maka seseorang tersebut akan melakukan dukungan atas dasar rasa solidaritas yang dimilikinya. Nah, disamping penjelasan tersebut berikut contoh penerapan solidaritas yang diungkapkan dalam bentuk dukungan dalam kehidupan sehari-hari :

  1. Membela teman yang dituduh melakukan kesalahan oleh orang lain
  2. Memperjuangkan hak mendapatkan pelayanan kesehatan yang layak bagi orang lain
  3. Mendukung salah seorang temannya untuk menjadi ketua osis

Oleh karena itu,, kita sebagai makhluk sosial, rasa solidaritas harus tetap tumbuh dan dikembangkan didalam diri kita karena selama kita hidup, kita pasti membutuhkan bantuan dari orang lain, Nah dengan bekal melalui rasa solidaritas yang kita miliki, kehidupan sehari-hari dalam masyarakat  secara harmonis dapat tercapai .

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembaca

Sekian dan terimakasih

PROGRAM SMA KP PARON 2024

  • Double Track ( TKJ – Desain Grafis – Videografi )
  • BKK ( Bursa Kerja Khusus ) Kerjasama dengan Disperindag Ngawi
  • Uji Kompetensi Komputer Perkantoran
  • Kelas Inklusif
  • Magang Keahlian